Saturday, June 4, 2011

Sahabat atau Teman?

Gadis Cinta MeluluKita memiliki banyak teman, saking banyaknya agak sulit bagi kita untuk membedakan antara teman dan sahabat. Menurut ahli psikologi, David J. Lieberman dalam mencari teman sejati ada beberapa cara untuk mengetahui apakah dia teman sejati atau hanya berpura-pura menjadi teman. Coba kita tes kualitas pertemanan kita selama ini dengan poin-poin di bawah ini:

Perhatian
Coba ceritakan hal penting yang terjadi dalam hidup kita dan perhatikan reaksinya. Apakah dia menanggapi dan menanyai lebih jauh tentang hal tersebut?

Kesetiaan
Ceritakan sebuah rahasia teman dekat kita itu dan lihat apakah dia berkomentar atau tidak. Sahabat yang baik, pasti keberatan ketika kita menceritakan rahasia orang lain kepada seseorang termasuk dirinya.

Kebanggaan
Seorang sahabat akan bangga dengan prestasi kita dan tidak pernah iri dengan kesuksesan kita.

Kejujuran
Sahabat akan memberitahu segala sesuatu meskipun kita tak ingin mendengarnya.

Pengharapan
Share pengharapan-pengharapan kita, tapi jangan ceritakan seluruhnya. Lihatlah apakah dia mendesak kita menceritakan secara keseluruhan. Sahabat sejati akan menghargai semua pengharapan kita dan memberikan kita kesempatan meraihnya tanpa memaksakan keingintahuaanya.

Pengorbanan
Seorang sahabat rela dan tahu kapan waktunya untuk berkorban untuk sahabatnya, meskipun harus mengorbankan kesenangannya sendiri.

Mauito - Foto : Istimewa 

7 comments:

  1. sebelum di tes..... Q udah tau siapa sahabatku sebenernya.........

    ReplyDelete
  2. Yuuuppppzzzz Makasih banget, yang pasti sahabatku udah setia banget sama aku.

    ReplyDelete
  3. Trims utk infonya.... Tapi BFFku memang begitu! :)

    ReplyDelete
  4. thaks ya infonya...

    ReplyDelete
  5. okok.. buat yang comment.. Thank's all

    ReplyDelete