Saturday, June 4, 2011

Gaul di Tempat Baru

Gadis Ngobrol
Tempat baru, lingkungan baru, teman baru, wah kedengarannya menyenangkan, ya? Yes, masuk ke suasana yang serba baru memang selalu bikin kita penasaran sekaligus deg-degan. Kira-kira, kita bakal fit-in nggak ya, di lingkungan baru ini? Untuk menyiasatinya, kita butuh bekal khusus supaya sukses bergaul sama mereka.

Baca situasi dan kondisi lingkungan
Sebelum beraksi di tempat baru, nggak ada salahnya observasi dulu. Perhatikan topik obrolan yang seru menurut mereka, gaya bercanda sampai tipe orang-orang di lingkungan baru ini. It may take few days. Tapi nggak apa-apa. Biar nantinya, kita bisa nyambung sama mereka. Wajar kok, kalau di masa awal ini, kita terlihat ‘pendiam.’

Nggak perlu sok
Buat dianggap asyik dan meningkatkan pede, kadang orang suka salah memakai taktik. Salah satunya ya, dengan menganggap diri kita lebih daripada yang lain. Ups, sayangnya cara ini cenderung bikin kita dijauhi teman baru. Ingat, pertemanan yang menyenangkan itu dimulai dengan menganggap bahwa setiap orang setara.

Jadi diri sendiri saja
Saat beradaptasi sama lingkungan baru, kadang muncul keinginan untuk menjadi ‘sama’ seperti mereka. Misalnya dengan mengikuti gaya mereka atau mencari kesamaan kayak hobi dll. Perilaku kita ini normal sebenarnya. Yang jadi masalah adalah, ketika kita kehilangan identitas diri karena batas adaptasi kita terlalu besar. Contohnya, kita rela mem-bully adik kelas karena nggak enak sama teman baru atau pulang malam demi ikutan party bareng mereka. Wah, bahaya, tuh!

Don’t push yourself too hard
Kalau memang proses adaptasi ini nggak sesuai harapan kita, alias kita nggak nyambung sama mereka, boleh kok, kita mengundurkan diri. Tapi, nggak perlu jadi cuek-cuekan, ya. Tetaplah berteman seperti biasa, karena kenyataannya, bisa jadi kita membutuhkan bantuan mereka suatu saat nanti.

No comments:

Post a Comment